Minggu, 04 Desember 2016

Profil Universitas Jember dan Fakultas Teknik





 











Cikal bakal Universitas Jember berasal dari gagasan  dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman  yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman. Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA.
        Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964 tanggal 9 Nopember 1964, tentang didirikannya Universitas Negeri di Jember. Usaha tanpa kenal lelah sejak tahun 1957 itu akhirnya berhasil menjadi kenyataan, Universitas Negeri Djember berdiri ! Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad. Kepemimpinan dr. R. Achmad dilanjutkan oleh Letkol. Soedi Harjohoedojo (1967-1969), Letkol. Soetardjo, SH (1969-1978) dan Kol. Drs. H. R. Warsito (1978-1986).
       Baru semenjak tahun 1986, rektor Universitas Jember dijabat oleh sivitas akademika-nya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa (1986-1995), Prof. Dr. Kabul Santoso, MS (1995-2003), Dr. Ir. T. Sutikto, MSc (2003-2011) dan Drs. Moh. Hasan, Msc Ph.D (2012 sampai sekarang).





 








VISI & MISI

VISI
VisiFakultasTeknikUNEJadalah“Menjadikan InstitusiPendidikan yang unggul dibidang teknologi yang berwawasan lingkungan”.

MISI
1.       Menyelenggarakan pendidikan yang baik dalam bidang ilmu pengetahuan danteknologi berwawasan lingkungan;
2.       Mempersiapkan para lulusan untuk memperoleh standar moral dan integritas yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang responsif, kooperatif dan kreatif sehingga memiliki keunggulan kompetitif baik ditingkat nasioanal maupun internasional.
3.       Melakukan kajian hasil riset untuk diaplikasikan pada industri dan bisnis, secara profesional dan senantiasa berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan lingkungan secara nasional
4.       Membangun kerja sama industri dan bisnis yang kuat sehingga memudahkan pertukaran ilmu pengetahuan, ketrampilan dan profesionalisme yang saling menguntungkan terutama dalam bidang pengembangan, pendidikan dan pelatihan.
5.       Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk memecahkan problem masyarakat dan permintaan akan pengembangan teknologi yang cukup cepat;





 







BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER

PROFIL :
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi tertinggi yang membawahi himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Teknik. BEM Teknik berdiri pada tanggal 10 Mei 1999. BEM memiliki fungsi sebagai :
  1. Wadah aspirasi
  2. Menghidupkan persatuan dan kesatuan
  3. Merangkul antarsesama warga teknik
  4. Mendukung pengembangan di bidang akademik maupun non akademik

VISI :
Mewujudkan Fakultas Teknik, Integrasi, Kreativitas, Prestasi, Potensi Akademik warga teknik dengan kebersamaan, kekeluargaan serta demokrasi

MISI :
  1.  Mengayomi serta memfasilitasi himpunan mahasiswa yang ada
  2. Mendukung dan memberdayakan UKM yang ada di Fakultas Teknik
  3. Membangun sistem kaderisasi yang redaktif dan prestatif
  4. Mengenalkan fakultas teknik di universtas Nasional maupun Internasional









 











HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL
JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER

PROFIL :
Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Universitas Jember berdiri sejak tahun 1999 dimulai dengan pembukaan jurusan Diploma (D3) yang kemudian pada tahun 2002 dibuka untuk jurusan Strata 1 (S1). HMS didirikan untuk menampung aspirasi dari mahasiswa Sipil yang ada di Fakultas Teknik, Universitas Jember.

VISI :
“Mengembalikan HMS sebagai wadah untuk belajar bertindak dan memberikan efek positif terhadap permasalahan – permasalahan yang ada di kampus secara khusus dan rakyat pada umumnya”

MISI :
  1. Menyinergikan segenap elemen kampus demi memberikan respon positif terhadap permasalahan yang ada di kampus secara khusus dan rakyat pada umumnya dengan gotong royong dalam rangka ikut serta dalam ranga penyelenggaraan pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Himpunan mahasiswa sipil mampu mendorong segenap anggota dalam bidang akademik dan kemahasiswaan.












 

STRUKTUR ORGANISASI
HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL (HMS)
FAKULTAS TEKNIK



 









































 










HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTRO
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER

PROFIL :
Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) berdiri bada tanggal 14 Februari 2002 yang bersama dengan terbentuknya jurusan teknik elektro Universitas Jember.

VISI :
“Menjadikan HME yang integritas, kreatif, solutif dan inspiratif sebagai wadah meningkatkan solidaritas dan loyalitas”

MISI :
  1. Membangun internal berlandaskan kekeluargaan dan bernafaskan profesionalisme
  2. Mengoptimalkan ekspresi minat dan bakat mahasiswa dengan mengedepankan nilai  budaya dan intelektualitas
  3. Memfasilitasi pengembangan kerja mahasiswa
  4. Meningkatkan hubungan baik dengan lembaga mahasiswa di tingkat fakultas maupun luar universitas












 
STRUKTUR ORGANISASI
HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTRO (HME)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER


 








































 













HIMPUNAN MAHASISWA MESIN
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER

PROFIL :
Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) berdiri pada 1999.Tujuan dari HMM adalah sebagaiwadah pengembangan untuk mahasiswa teknik mesin Universitas Jember yang edukatif dan prestatif dalam softskill dan hardskill serta berwawasan luas dalam lingkup jurusan teknik mesin.

VISI :
“mewujudkan himpunan mahasiswa mesin Universitas Jember sebagai organisasi yang menjunjung tinggi nilai profesionalitas yang bersinergi serta solidaritas sehingga terwujudnya  Teknik Mesin Universitas Jember yang berintegritas dan berkarakter”

MISI :
  1. Menciptakan motivasi berorganisasi dengan budaya disiplin serta profesionalitas dalam menjalankan amanah.
  2. Memfasilitasi dan mengembangkan program yang dapat meningkatkan  kemampuan softskll dan hardskill mahasiswa Teknik Mesin UNEJ.
  3. Menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara HMM dengan warga mesin, club di bawah naungan HMM dan seluruh elemen di jurusan Teknik Mesin UNEJ.
  4. Mempersatu kekeluargaan mahasiswa mesin menjadi warga mesin UNEJ yang berlandaskan semangan solidarity forever
  5. Mewadahi koordinasi antara mahasiswa dengan alumni, alumni dengan alumni, serta alumni dengan jurusan Teknik Mesin UNEJ.



STRUKTUR ORGANISASI
HIMPUNAN MAHASISWA MESIN (HMM)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar